Senin, 12 Februari 2018

06/02/2018 - Tugas_1 : Software

---------------------------------------------------------------------------------------------------------
A.  SOFTWARE DEFINITION
Sofware adalah sebuah data yang diprogram dan disimpan secara digital yang tidak terlihat secara fisik tetapi terdapat dalam komputer. Software atau perangkat lunak dapat berupa program atau menjalan suatu perintah atau intruksi yang dengan melalui software (perangkat lunak) komputer dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah. Software juga dapat dikatakan adalah penggerak dan pengontrol hardware (perangkat keras).
Software dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ditulis atau diciptakan oleh programmer yang selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi sebuah kode yang nantinya akan dikenali oleh mesin hardware.

Karakteristik Software Secara Umum :

  • Software merupakan elemen sistem logika dan bukan elemen sistem fisik seperti hardware
  • Elemen itu tidak aus, tetapi bisa rusak.
  • Elemen software itu direkayasa atau dikembangkan dan bukan dibuat di pabrik seperti hardware.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------
B.  SOFTWARE PROCESS
Tahapan-tahapan dalam pengembangan software lebih dikenal dengan sebutan SDLC (System Developtment Life Cycle). SDLC dilakukan secara berurutan, bertahap, berulang atau dengan pola yang lain. Tiap tahap bisa dilakukan den teknik atau metode tertentu. Pada tiap tahapnya, menghasilkan deliverables (berupa dokumen). Sifatnya gradual refinement, yaitu hasil dari tiap tahapnya akan digunakan sebagai input untuk tahap berikutnya.

Berikut ini adalah fase-fase SDLC, meliputi :
1.     Perencanaan Sistem (Systems Planning)
Lebih menekankan pada aspek studi kelayakan pengembangan sistem (feasibility study). Aktivitas-aktivitas yang ada meliputi :
·       Pembentukan dan konsolidasi tim pengembang.
·       Mendefinisikan tujuan dan ruang lingkup pengembangan.
·       Mengidentifikasi apakah masalah-masalah yang ada bisa diselesaikan melalui pengembangan sistem.
·       Menentukan dan evaluasi strategi yang akan digunakan dalam pengembangan sistem.
·       Penentuan prioritas teknologi dan pemilihan aplikasi.
2.     Analisis Sistem (Systems Analysis)
Analisa sistem adalah tahap di mana dilakukan beberapa aktivitas berikut:
·       Melakukan studi literatur untuk menemukan suatu kasus yang bisa ditangani oleh sistem.
·       Brainstorming dalam tim pengembang mengenai kasus mana yang paling tepat dimodelkan dengan sistem.
·       Mengklasifikasikan masalah, peluang, dan solusi yang mungkin diterapkan untuk kasus tersebut.
·       Analisa kebutuhan pada sistem dan membuat batasan sistem.
·       Mendefinisikan kebutuhan sistem.
3.     Perancangan Sistem (Systems Design)
Pada tahap ini, features dan operasi-operasi pada sistem dideskripsikan secara detail. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan adalah:
·       Menganalisa interaksi obyek dan fungsi pada sistem.
·       Menganalisa data dan membuat skema database.
·       Merancang user interface.
4.     Implementasi Sistem (Systems Implementation)
Tahap berikutnya adalah implementasi yaitu mengimplementasikan rancangan dari tahap-tahap sebelumnya dan melakukan uji coba.
Dalam implementasi, dilakukan aktivitas-aktivitas sebagai berikut:
·       Pembuatan database sesuai skema rancangan.
·       Pembuatan aplikasi berdasarkan desain sistem.
·       Pengujian dan perbaikan aplikasi (debugging).
5.     Pemeliharaan Sistem (Systems Maintenance)
Dilakukan oleh admin yang ditunjuk untuk menjaga sistem tetap mampu beroperasi secara benar melalui kemampuan sistem dalam mengadaptasikan diri sesuai dengan kebutuhan.

C.  SOFTWARE PRODUCT
Secara umum,  produk dari perangkat lunak dibedakan menjadi dua, yaitu  software generic dan costum. Software Generic dibuat dengan spesifikasi umum dan berlaku dimanapun sehingga bisa dipakai lebih luas.
Berikut macam-macam produk berwujud software :
1.     Sistem Operasi
Merupakan perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer. Contoh : Microsoft Windows, UNIX, LINUX, Macintosh, dll.
2.     Program Aplikasi
Merupakan suatu program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Contoh : Microsoft Office, Adobe Photoshop, Google Chrome, WinRAR, dll.
3.     Program Utility
Merupakan suatu program untuk membantu sistem operasi. Contoh : Antivirus, Windows Media Player, Winamp, dll.
4.     Malware (Program Perusak)
Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem. Contoh : Virus, Worm, Keylogger, Trojan, dll.
Software tersebut biasanya dijual online atau dijual di toko software dalam bentuk CD dengan packaging (kartu garansi, buku manual, sertifikat, dan kelengkapan lain). Cara menjual software adalah dijual bebas di online maupun offline.  Keuntungan jual software generic adalah harganya murah.
Sedangkan Software Costum adalah software tailor-made yang dibuat berdasarkan pesanan. Software ini biasanya hanya bisa dipakai khusus oleh satu pembeli saja. Tidak bisa dipakai oleh orang lain karena dibuat secara spesifik.
Contoh : software untuk universitas yang dibuat khusus, karena pasti ada perbedaan dengan universitas lain.
Cara menjual software seperti ini adalah kita menjual jasa pembuatan software, biasanya melalui tender atau penawaran jasa. Keuntungan jual software custom adalah harganya mahal (bahkan bisa buat biaya hidup berbulan2 hanya dengan membuat satu software custom).
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
D.  SOFTWARE DEVELOPMENT COST

Berikut adalah contoh rincian untuk pembuatan aplikasi E-Library.
E-Library Web Based Application merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang akan berjalan pada platform cloud. Aplikasi ini berguna untuk mendukung proses sistem perpustakaan. Saat ini, Universitas Gunadarma sedang dalam proses pengambangan Sistem Perpustakaan yang secara garis besar berfungsi mencatat informasi buku, peminjaman, pengembalian buku, sampai daftar hadir penjaga dan pengunjung perpustakaan setiap harinya
Kebutuhan Pengembangan Sistem :
Berikut adalah kebutuhan pengembangan sistem yang diklasifikasikan dalam modul-modul:

Rincian Biaya :

 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
E.  SOFTWARE TEAM PROJECT
Adapun pihak yang berada dalam tim pembuat software yaitu :
  • Project Manager : Mengarahkan dan mengatur task setiap anggota
  • System Analyst : Menganalisis keseluruhan sistem dan bisnis proses
  • UI/UX Desainer : Mengatur tampilan aplikasi agar nyaman digunakan
  • Quality Assurance : Menguji perangkat lunak yang telah dibangun
  • Network Engineer : Instalasi sistem berskala besar
  • System Engineer : menyediakan infrastruktur untuk aplikasi dan sistem yang diperlukan

-- -- --
Daftar Pustaka :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar