---------------------------------------------------------------------------------------------------------
A. SOFTWARE DEFINITION
Sofware adalah sebuah data
yang diprogram dan disimpan secara digital yang tidak terlihat secara fisik
tetapi terdapat dalam komputer. Software atau perangkat lunak dapat berupa
program atau menjalan suatu perintah atau intruksi yang dengan melalui software
(perangkat lunak) komputer dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah.
Software juga dapat dikatakan adalah penggerak dan pengontrol hardware
(perangkat keras).
Software dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang
ditulis atau diciptakan oleh programmer yang selanjutnya dikompilasi dengan
aplikasi kompiler sehingga menjadi sebuah kode yang nantinya akan dikenali oleh
mesin hardware.
Karakteristik
Software Secara Umum :
- Software merupakan elemen sistem logika dan bukan elemen sistem fisik seperti hardware
- Elemen itu tidak aus, tetapi bisa rusak.
- Elemen software itu direkayasa atau dikembangkan dan bukan dibuat di pabrik seperti hardware.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tahapan-tahapan dalam pengembangan software lebih dikenal
dengan sebutan SDLC (System Developtment Life Cycle). SDLC
dilakukan secara berurutan, bertahap, berulang
atau dengan pola yang lain. Tiap
tahap bisa dilakukan den teknik atau metode tertentu. Pada tiap tahapnya,
menghasilkan deliverables (berupa dokumen). Sifatnya gradual refinement, yaitu
hasil dari tiap tahapnya akan digunakan sebagai input untuk tahap berikutnya.
Berikut ini adalah fase-fase SDLC, meliputi :
1.
Perencanaan Sistem (Systems Planning)
Lebih menekankan pada aspek studi kelayakan pengembangan sistem
(feasibility study). Aktivitas-aktivitas yang ada meliputi :
·
Pembentukan dan konsolidasi tim pengembang.
·
Mendefinisikan tujuan dan ruang lingkup pengembangan.
·
Mengidentifikasi apakah masalah-masalah yang ada bisa
diselesaikan melalui pengembangan sistem.
·
Menentukan dan evaluasi strategi yang akan digunakan dalam
pengembangan sistem.
·
Penentuan prioritas teknologi dan pemilihan aplikasi.
2. Analisis Sistem (Systems
Analysis)
Analisa sistem adalah tahap di mana dilakukan beberapa aktivitas berikut:
·
Melakukan studi literatur untuk menemukan suatu kasus yang
bisa ditangani oleh sistem.
·
Brainstorming dalam tim pengembang mengenai kasus mana yang paling
tepat dimodelkan dengan sistem.
·
Mengklasifikasikan masalah, peluang, dan solusi yang mungkin
diterapkan untuk kasus tersebut.
·
Analisa kebutuhan pada sistem dan membuat batasan sistem.
·
Mendefinisikan kebutuhan sistem.
3. Perancangan Sistem (Systems
Design)
Pada tahap ini, features dan operasi-operasi pada sistem dideskripsikan
secara detail. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan adalah:
·
Menganalisa interaksi obyek dan fungsi pada sistem.
·
Menganalisa data dan membuat skema database.
·
Merancang user interface.
4. Implementasi Sistem (Systems
Implementation)
Tahap berikutnya adalah implementasi yaitu mengimplementasikan rancangan
dari tahap-tahap sebelumnya dan melakukan uji coba.
Dalam implementasi, dilakukan aktivitas-aktivitas sebagai berikut:
·
Pembuatan database sesuai skema rancangan.
·
Pembuatan aplikasi berdasarkan desain sistem.
·
Pengujian dan perbaikan aplikasi (debugging).
5. Pemeliharaan Sistem (Systems
Maintenance)
Dilakukan oleh admin yang ditunjuk untuk menjaga sistem tetap mampu beroperasi
secara benar melalui kemampuan sistem dalam mengadaptasikan diri sesuai dengan
kebutuhan.
C. SOFTWARE PRODUCT
Secara
umum, produk dari perangkat lunak dibedakan
menjadi dua, yaitu software generic dan costum. Software Generic
dibuat dengan spesifikasi umum dan berlaku dimanapun sehingga bisa dipakai
lebih luas.
Berikut macam-macam produk berwujud software :
1.
Sistem Operasi
Merupakan perangkat
lunak yang berfungsi mengendalikan semua komponen yang terdapat pada mesin
komputer. Contoh : Microsoft Windows, UNIX, LINUX, Macintosh, dll.
2.
Program Aplikasi
Merupakan suatu
program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada
bidang tertentu. Contoh : Microsoft Office, Adobe Photoshop, Google Chrome,
WinRAR, dll.
3. Program
Utility
Merupakan suatu
program untuk membantu sistem operasi. Contoh : Antivirus, Windows
Media Player, Winamp, dll.
4. Malware
(Program Perusak)
Malware adalah
program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari
kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak
suatu software atau operating sistem. Contoh : Virus, Worm, Keylogger,
Trojan, dll.
Software tersebut biasanya dijual
online atau dijual di toko software dalam bentuk CD dengan packaging (kartu
garansi, buku manual, sertifikat, dan kelengkapan lain). Cara menjual software
adalah dijual bebas di online maupun offline.
Keuntungan jual software generic adalah
harganya murah.
Sedangkan Software Costum adalah software tailor-made yang dibuat
berdasarkan pesanan. Software ini biasanya hanya bisa dipakai khusus oleh satu
pembeli saja. Tidak bisa dipakai oleh orang lain karena dibuat secara spesifik.
Contoh : software untuk
universitas yang dibuat khusus, karena pasti ada perbedaan dengan universitas
lain.
Cara menjual software seperti
ini adalah kita menjual jasa pembuatan software, biasanya melalui tender atau
penawaran jasa. Keuntungan jual software custom adalah harganya mahal (bahkan
bisa buat biaya hidup berbulan2 hanya dengan membuat satu software custom).
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
D. SOFTWARE DEVELOPMENT COST
Berikut adalah contoh rincian untuk pembuatan aplikasi E-Library.
E-Library Web Based Application merupakan sebuah aplikasi
berbasis web yang akan berjalan pada platform cloud. Aplikasi ini berguna untuk
mendukung proses sistem perpustakaan. Saat ini, Universitas Gunadarma sedang
dalam proses pengambangan Sistem Perpustakaan yang secara garis besar berfungsi
mencatat informasi buku, peminjaman, pengembalian buku, sampai daftar hadir
penjaga dan pengunjung perpustakaan setiap harinya
Kebutuhan
Pengembangan Sistem :
Berikut adalah kebutuhan pengembangan sistem yang
diklasifikasikan dalam modul-modul:
Rincian
Biaya :
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
E. SOFTWARE
TEAM PROJECT
Adapun pihak yang berada dalam tim pembuat software yaitu :
- Project Manager : Mengarahkan dan mengatur task setiap anggota
- System Analyst : Menganalisis keseluruhan sistem dan bisnis proses
- UI/UX Desainer : Mengatur tampilan aplikasi agar nyaman digunakan
- Quality Assurance : Menguji perangkat lunak yang telah dibangun
- Network Engineer : Instalasi sistem berskala besar
- System Engineer : menyediakan infrastruktur untuk aplikasi dan sistem yang diperlukan
-- -- --
Daftar
Pustaka :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar